Gallery

Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang

Sebagian besar orang pasti tau siapa si Bona…  sebagai pengingat, Bona ini gajah PINK (gue juga heran kenapa penciptanya memberikan warna  pink utk kulit Bona, kenapa gak kuning aja sekalian, lebih keren lagi padahal. *ngaco*) belalainya si Bona panjaaaaaaang bgt, bisa dibentuk apapun yang dia mau. yang lebih kocak lagi kalo inget-inget si Bona rumahnya punya roda, dan bisa pindah kemana2. Dia tinggal bersama (kucing atau musang yah?) Rong Rong.  tp sampe sekarang kalo gue liat majalah Bobo, Bona kok gak gede2 yak… kapan dia punya Gading????

Ngomong-ngomong soal gading gajah. Gue jadi inget gading gajah yang gue beli di Thailand waktu itu.

Pas lagi ikut tour, Gue nyobain Riding gajah di Elephant Village, sebetulnya gak riding juga sih karena ada pawang gajah yang mengendarai si gajah supaya baik jalannya. Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk.. hehe. Intinya gue naik gajah, yg gajahnya dikendarai si Pawang.

Asik juga sih pengalaman pertama gue naik Gajah, dan dari tour itu gue juga jadi tau kalo eek nya gajah itu berbentuk bola, dan gedenya segede bola voli.. euuuww.. kok jadi ngomongin eek si Bona..

Pas gue mau turun dari gajah, eh si pawangnya nawarin gue sesuatu… yup. Gading Gajah. Dia nunjukin kotak yang isinya gading gajah yang udh disortir berdasarkan bentuknya, gading gajahnya itu dibikin sebagai bandul gantungan kunci atau sebagai mata kalung, ada yang bentuk gajah2an kecil, bulet doang dan lain sebagainya.Cukup tertarik, gue beli sebagai oleh2 untuk diri sendiri. Haha. Harganya waktu itu 500 THB, eh karna gue jago nawar gue dapet 300 THB doang. Wehehe.

Penasaran, gue nanya abang2nya, kalo gading yang dijual itu beneran asli atau enggak. siapa tau kan imitasi. Dan gue di kasih tau gimana caranya membedakan antara gading asli dan mana yang imitasi.

Jadi gini caranya…

1. jambak rambut dari kepala orang. Kalo bisa sampe rontok

pastikan lilitan rambut menempel pada gading

2. ambil sehelai rambut, liitkan ke gading gajah.

BAKAAAR!!

3. bakar rambutnya

Voila! Kalo gadingnya asli, rambutnya gak bisa kebakar.. it’s magic!

Itu dia cara gimana membuktikan keaslian gading gajah,,

Setelah gue mempertanyakan keasliannya, gue memberondong pawangnya dengan pertanyaan berikutnya:

“how could you take the elephant’s ivory? Is it legal?”

Jawabannya udh bisa ditebak, katanya gading itu diambil kalo si gajah udah mati.. gue sih gak sepenuhnya percaya loh. mengingat perlakuan pawang2 gajah yang kasar bgt kalo ngelatih si Gajah. Bahkan nih, waktu itu gue ngeliat salah satu pawang nge-gebuk salah satu gajah pake alat kayak berbentuk palu gt, tp ujungnya runcing, jadi kalo gajahnya gak nurut digebuk sampe gajahnya nurut.

Kalo gak salah pernah jadi berita media Eropa deh, tentang kasarnya si pawang pada gajah.

jidat si Gajah yang luka bekas perlakuan kasar

Bahkan nih, waktu gue di Floating Market, ada anak gajah yang udh disuruh “ngemis” sama yang punya gajah. Waktu itu sih cara ngemisnya agak dibiaskan, si empunya jual tebu yang diplastik2-in seharga 20 THB atau seharga 6000 rupiah, yang bisa dibeli sama pengunjung Floating market dan bisa melakukan Feeding untuk si anak gajah. Jadi kalo gak ada yang mau beli makanan gajah itu, si gajah gak makan seharian dong… kasian.

si anak gajah.

Ya mungkin sih itu udh jadi hal lumrah di sana, sama kayak halnya monyet yang diadiin objek untuk mencari duit di Indonesia.

One comment on “Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang

Leave a Reply

