Gallery

Ulang Tahun Ke-100 nya Doraemon

Aku ingin begini,

aku ingin begitu,

ingin ini, ingin itu banyak sekali…

Sepenggal lirik lagu itu selalu mewarnai minggu pagi gue, saat masih anak-anak. Sekarang? Boro2 bangun pagi, yang ada tidur bablas sampe jam 12 siang. Hahaha

Penasaran juga sih, apa masih ada Doraemon di RCTI jam 8 pagi? Kalo gak salah diganti sama acara musik alay itu yah? Ya ampun… untung masa kanak-kanak gue terlewati dengan indah dan sewajarnya, hehe no offense ya yang suka sama acara music itu :p

Mungkin banyak yang gak ngeh tahun berapa sebenernya Doraemon diciptakan. mungkin pada tau kalo doraemon diciptakan pada abad ke-22. Tapi gak tau tahun tepatnya..

Dilihat dari sudut pandang realita, Doraemon diciptakan pada tahun 1970, oleh mangaka Fujiko F Fujio. Namun, dilihat dari segi cerita,  Doraemon adalah robot yang diciptakan pada tahun 2112. Di jepang, perayaan ulang tahun doraemon sedikit unik. Perhitungan ulang tahun doraemon dihitung mundur dari tahun kelahirannya, sekarang tahun 2012, berarti umur doraemon sekarang adalah 100 tahun.

Ada perayaan ulang tahun doraemon yang ke 100 ini di museumnya. Yup! Di Tokyo ada museum Doraemon lho. Nama asli museumnya sebenernya Fujiko F Fujio Museum, karena gak Cuma doraemon doang karakter buatan si mas Fujiko ini tapi banyak, tahu P-man? Atau Mojako? Nah itu karakter yang diciptain sm Fujiko juga.

Saat gue turun di stasiun Mukogaoka-Yuen, di area Kawasaki, tempat Museum ini berada, ada yang menarik perhatian gue, adalah arah petunjuk jalan yang dibuat dengan karakter-karakter buatan mas Fujiko ini terus pagar pedestrian ditempelin siluet2 doraemon, patung Chinpui, dan tokoh2 lainnya yang semuanya unyu marunyu. Hehe

Sebetulnya museum ini hanya punya dua exhibition room yang gak mengijinkan ambil-ambil foto, dikit banget kalo mengingat ini sebuah museum. Walaupun demikian museum yanglebih akrab disebut museum Doraemon ini disajikan secara apik. Ada banyak objek yang bisa mengingatkan betapa indahnya masa kanak-kanak. Oia gue pikir museum ini bakal dipenuhi bocil-bocil yang lari-larian. Tp banyak juga lho org dewasa yang gak bawa anak-anak.

 

bersama Pisuke

happy birthday yg ke 100 Doraemon.

Saat berada di museum gw jadi kangen sama komiknya, udh berapa lama ya gue gak baca komik doraemon, abis gak selesai-selesai sih ceritanya. Sebagai cerita berseri, cerita Doraemon sebenarnya tidak pernah ada perkembangan waktu. Walau kadang digambarkan terjadinya perubahan musim atau bahkan perubahan tahun  tapi di salah satu cerita di buku ke 25, Nobita dan teman-temannya tidak pernah beranjak dari kelas 4 SD. Mungkin aja kan Fujiko F fujio nya udh keburu meninggal duluan sebelum dia menamatkan Doraemon ini.

Waktu gue di SMA gue emg pernah denger kalo ada cerita ending Doraemon, katanya ada 3 versi resmi tentang “tamatnya” Doraemon, masing-masing diterbitkan di majalah Shogaku. Walaupun begitu, Doraemon selalu dikisahkan kembali. Tidak pernah ada versi resmi di mana Doraemon benar-benar pergi sampai selama-lamanya. jadi perlu digaris bawahi, cerita tentang tamatnya Doraemon adalah buatan para fans bukan dari si penciptanya.

Dari berbagai macam versi, versi ini doang yang gue tau. Selamat membaca!

 

sumber komik: http://www.bebekrewel.com/doraemon-ending-2/

6 comments on “Ulang Tahun Ke-100 nya Doraemon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s