Gallery

Kota Tercanggih di Dunia

Waktu ke Jepang, hal pertama yang terlintas dalam benak gue adalah CANGGIH. Walaupun gue Cuma menjelajah Tokyo doang,  rasanya belum bisa mengeneralisir keseluruhan jepang. Walaupun banyak traveller melihat secara garis besar suatu negara dengan melihat ibukotanya saja. Tapi menurut gue, satu kota tidak bisa mewakili keseluruhan dari suatu negara tersebut. Makanya, judul yang paling tepat untuk postingan kali ini adalah Kota tercanggih, bukan negara tercanggih.

Jujur, gue adalah penggila toilet. Dimanapun dan kapan aja perut gue bisa bergejolak gak tau tempat. Waktu di Ho Chi Min City, Vietnam. Lagi jalan-jalan terus kebelet, nyari toilet umum di taman, malah nemunya toilet yang pintunya gak bisa dikunci dan tisunya dijatahin semeter doang *facepalm tingkat dewa*. Tapi gak dengan di Tokyo, gw aman disana, toilet umumnya tuh canggih banget, pernah kebayang gak lo, abis cebok pantat lo berasa semriwing dikipas2 sama pengering otomatis.. haha

toilet

public toilet in Tokyo

Kalo diperhatikan gambar diatas, ada banyak tombol di dinding toilet.. sempet bingung awalnya mana yg harus dipencet..  mau pilihan air panas dan air dingin?? Adaaa. mau pilihan tekanan semprotan airnya kenceng?? Bisaaa diatuurrr. Dan yg bikin shock adalah adanya tombol pilihan pemutaran lagu. Fungsinya digunakan supaya suara “brepet brepet”  gak terdengar sampe toilet tetangga. Canggih dan inovatif ya! Mgkn suatu saat WC ini masuk ke Indonesia, akan ada tren Karokean di WC hahaha.

baby chair

Buat yang bawa bayi, ada loh toilet yang memberikan fasilitas ini, jadi org tua bisa pup dengan lega tanpa takut si anak digondol maling atau ilang…

Well, cukup cerita tentang toiletnya sebelum yang lagi makan sambil baca postingan ini pada enek.

Beralih ke jalanan tokyo. Vending machine akan terlihat dimanapun disetiap sudut kota. Yah walaupun sekarang vending machine bukanlah barang yang asing lagi seperti kota-kota di Asia lainnya di Singapore dan Hongkong. Tapi di Tokyo ini jumlahnya gak kehitung.. mulai dari vending machine minuman, koran, snack, bahkan vending machine buat kondom ada.

vending machine 2

Vending machine koran

touch vm

Vending machine touch screen.

Makan di restoran2 pun pesennya pake vending machine. Pilih menu yang diinginkan. Masukin duit. Akan keluar tiket sesuai pesanan. Berikan tiket pesanan ke pelayan. Praktis. Bebas korupsi.

vending machine

Vending Machine Menu Restoran

Masih di jalanan ibukota jepang. mesin parkir pinggir jalan otomatis (gue gak tau apa nama resmi benda ini) ini gue temukan di daerah Akabanebashi. Waktu di Denver, Amerika, gue pernah menemukan mesin semacem ini.  Lumayan praktis, canggih, dan sekali lagi bebas korupsi.

mesin parkir

Mesin Parkir Jalanan Otomatis

di Tokyo gue juga sempetin untuk berkaraoke-an. Rasanya sih sama aja dengan karaoke di Jakarta. Tp yang membedakan adalah penggunaan tablet sebagai pengganti PC.

tablet karaoke

Kalo di Jakarta, gue sering liat ipad sering dibawa anak2 gaul ke mall, di tokyo gue liat ipad dibawa2 pelayan restoran tuh buat order makanan. Hehehe

 

 

 

 

 

2 comments on “Kota Tercanggih di Dunia

Leave a Reply

